Mengelola pembelajaran di kelas itu punya seni tersendiri. Seringkali, bekal pengetahuan teori pendidikan saja belum cukup untuk membuat Guru siap dengan semua kemungkinan dinamika yang bisa terjadi. Keunikan dan keberagaman kebutuhan murid adalah faktor yang bisa dipandang sebagai potensi. Namun realitanya, hal tersebut kadang menjadi tantangan tersendiri bagi Guru untuk menuju kelas yang efektif.
Kelas guru adalah forum belajar yang bertujuan meningkatkan kapasitas dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di kelas. Tak sekedar meluaskan wawasan terkait teori pendidikan, Kelas Guru ingin hadir sebagai forum yang juga memberi kesempatan pesertanya untuk mencoba alias mempraktikan teori tersebut. Lewat beberapa aktivitasnya, Kelas Guru ternyata tak hanya memberi bekal berupa teori dan praktik. Tapi juga membuka ruang-ruang refleksi, yang menghantar pesertanya – para Guru – memaknai kembali fungsi dan perannya sebagai seorang pendidik.